Thursday, August 4, 2022

Tinjauan terhadap Pasar Distribusi Produk Keuangan di Indonesia: Ken Research

 Sementara pemerintah Indonesia telah mengambil inisiatif atas dasar digitalisasi industri, pendidikan & perdagangan, negara ini masih tertinggal dari negara-negara berkembang lainnya dalam hal adopsi digital. Indonesia ditempatkan sebagai salah satu ekonomi terbesar di Asia Tenggara di mana >60% penduduknya tidak memiliki rekening bank. Proporsi populasi ini sering mencari alternatif pilihan pembiayaan digital. Namun, masih ada bagian dari populasi yang terus bergantung pada sumber pembiayaan tradisional (bank dan saluran informal seperti teman, keluarga, pemberi pinjaman informal, dan lain-lain.) karena berbagai alasan seperti literasi keuangan yang terbatas, agunan yang tidak memadai, kurangnya kepercayaan pada alternatif. sumber dan lain-lain.

Oleh karena itu, jalan tengah untuk solusi pembiayaan tradisional dan alternatif didirikan dengan diperkenalkannya Agregator Online (umumnya dikenal sebagai pasar). Ini adalah situs web perbandingan harga yang memfasilitasi perbandingan di beberapa opsi kredit/asuransi dari penyedia yang berbeda. Didukung oleh tim penasihat keuangan dan individu telesales, mereka memberikan bantuan dengan menyarankan opsi pinjaman / asuransi yang sesuai kepada pelanggan tergantung pada persyaratan dan kepatuhan mereka terhadap kriteria kelayakan. Semua layanan ini diberikan gratis kepada pelanggan.

Permintaan Contoh Laporan @ https://www.kenresearch.com/sample-report.php?Frmdetails=MzQ3MTE5

Jadi, orang mungkin bertanya-tanya, dari mana agregator menghasilkan uang? Dengan kemitraan yang mapan dengan beberapa bank dan perusahaan asuransi, Agregator Online bekerja pada sistem berbasis komisi/biaya di mana tingkat komisi ditentukan tergantung pada kompleksitas produk, peraturan dan kondisi perjanjian. CekAja, salah satu pionir di industri ini membawa konsep Online Aggregation pada tahun 2013. Perusahaan ini memulai dengan membandingkan seluruh produk pinjaman dan asuransi dan kemudian diperluas ke produk investasi ke Deposito Berjangka, Deposito Unit Link, Reksa Dana dan lain-lain. Berikut Model CekAja, perusahaan termasuk Aturduit, KreditGogo, Cermati, Futuready dan CekPremi memasuki pasar Indonesia.

Menurut publikasi Ken Research, pasar Agregator Pinjaman dan Asuransi Online Indonesia telah tumbuh pada tingkat pertumbuhan Y-o-Y >15%. Industri terkonsentrasi di antara 5 pemain teratas yang berkontribusi >90% terhadap pendapatan industri. Untuk menonjol di antara rekan-rekan, agregator telah banyak berinvestasi pada Teknologi, Membangun kemitraan dan pengembangan Produk. Memanfaatkan tim pengembangan teknologi internal, agregator berkolaborasi dengan perusahaan penilaian kredit untuk melakukan penilaian kredit dan pemeriksaan verifikasi untuk pelanggan yang tidak memiliki rekening bank. Skor kredit untuk individu tersebut ditetapkan setelah menganalisis berbagai faktor termasuk pola belanja, riwayat pembayaran tagihan, pola konsumsi, dan lain-lain. Model semacam itu membantu dalam memberikan peluang kredit kepada populasi yang tidak memiliki rekening bank yang jika tidak demikian tidak mungkin dilakukan.

Perubahan gaya hidup dan pola pengeluaran telah menyebabkan peningkatan daya tarik produk Asuransi Mikro dengan premi kecil dan cakupan cakupan terbatas. Dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 10.000 ini telah menjadi hit di Indonesia, sehingga OJK mencatat 22 juta pemegang polis per Juni 2019 dengan ekspansi yang diharapkan. Ini telah mendorong penyedia asuransi terkemuka untuk mencoba mengembangkan produk asuransi premi rendah niche lainnya seperti asuransi alat digital, asuransi perjalanan, dan lain-lain.

Pandemi COVID 19 telah menciptakan perubahan paradigma dalam perilaku konsumen dengan hampir 8 dari 10 orang sekarang lebih memilih layanan online. Karena orang menderita pemotongan gaji, PHK, penutupan usaha kecil, telah terjadi peningkatan permintaan pinjaman jangka pendek dan kartu kredit. Lonjakan aplikasi akan menciptakan peluang pertumbuhan yang tinggi di industri. Namun, mengingat keadaan yang tidak pasti dan ketakutan akan pinjaman non produktif, bank dan agregator sangat berhati-hati dalam menyalurkan kredit kepada pelanggan baru. Tetapi melihat gambaran jangka panjang, pandemi akan bertindak sebagai titik belok dalam permintaan agregator online dan dapat diramalkan menjadi permanen.

Layanan agregator online diamati sebagai bisnis yang sangat skalabel sehingga memperluas operasi ke negara-negara Asia Tenggara yang secara sosio-demografis serupa (Filipina, Singapura, Malaysia) dapat menjadi rute pertama menuju diversifikasi. Kedua, pelanggan lebih memilih vendor yang sudah ada daripada mencoba yang baru (terutama untuk produk keuangan) sehingga menciptakan potensi cross selling yang tinggi untuk layanan lain. Mengambil keuntungan dari basis data pelanggan dan layanan konsultasi yang mapan, agregator harus berusaha untuk memperluas layanan platform ke Peer to Peer Lending & Wealth Management. Kerangka kerja berikut dapat dipertimbangkan saat memperluas penawaran produk keuangan.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Tentang Laporan Penelitian, Lihat Tautan Di Bawah:-

Industri Pinjaman dan Asuransi Online Indonesia

Hubungi kami:-
Ken Research
Ankur Gupta, Head Marketing & Communications
Support@kenresearch.com
+91-9015378249

No comments:

Post a Comment